Senin, 31 Oktober 2011

Sejarah Warna

Tahukah kalian? Sebenarnya di dunia ini sudah sangat diberikan kelimpahan akan warna? Mungkin zaman sekarang kalian bisa mendapatkan cat acrylic, cat poster, atau pensil warna dengan mudah. Tapi tahukan bahwa awal dari semua itu berasal dari sari hewan atau binatang?
MySpace

PIGMENTS
Warna kemudian terbentuk dari pigmen, apa itu pigmen?
Pigmen adalah bubuk kering dengan campuran air, lilin, atau minyak, yang memberikan efek pada permukaan.

Setelah itu, pigmen menyuplai warna pada seni tapi selain itu juga menyuplai warna pada permintaan model yang modern sehingga permintaan berkurang.

Awalnya pigmen putih berasal dari tulang binatang yang dipanaskan sampai suhu 400 derajat celcius.
MySpace

VERMILON
Pada abad pertengahan, para seniman Eropa kian memperbanyak pigmen pada penjualan mereka, tapi mereka sudah mulai mengguanakan sumber lain untuk warna, tidak lagi hanya dari dari tumbuhan dan mineral tapi juga buatan tangan contohnya VERMILION. Vermilion adalah warna dengan menggunakan pencampuran bahan dari belerang dan air raksa.

Pada kenyataannya, penerapan pigmen tidak semudah perkiraan, banyak masalah yang terjadi seperti pewarna yang dihasilkan terlalu encer/berair seperti telor dan membutuhkan tenaga untuk mencampur. Terlebih lagi reaksi tidak dapat diramalkan dan mengering dengan cepat.

RENAISSANCE PAINTING


Pada zaman Renaissance, minyak adalah bahan yang paling sering digunakan untuk membuat lukisan menjadi lebih menarik.







Dan untuk selanjutnya, pada zaman sekarang, dibuatlah cat dengan bahan kimia buatan pabrik yang lebih pekat dan memiliki warna yang beragam dengan campuran polymer, dan bahan organik lainnya seperti, Pthalocyanines atau Pthalos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar