Jumat, 13 Januari 2012

Gradasi Warna

Pada posting yang lalu-lalu, saya sudah memperlihatkan contoh gradasi warna, dapat dilihat di sini.

Berikut adalah tugas selanjutnya dalam tugas gradasi, yaitu memasukkan tingkatan gradasi yang sudah saya pelajari ke dalam suatu gambar.
Tapi tidak dengan sembarang mewarnai, melainkan dengan konsep yang jelas.
Ini adalah karya saya.

Dan inilah konsep mengapa saya membuat karya ini.

Karya yang saya buat menampilkan objek burung kolibri yang sedang menghisap bunga dengan latar belakang langit kuning yang terang dengan laut biru yang tenang.

WARNA

Berikut warna-warna yang saya gunakan berserta maknanya :
- Kuning : Warna kuning melambangkan situasi panas yang terik pada saat itu. Gradasi warna putih ke kuning ini membentuk objek seperti matahari dengan cahaya putih dan sinarnya yang meluas menjadi warna kuning.
- Biru : Warna biru melambangkan kesejukan yang bertujuan menyeimbangkan lingkungan yang panas.
- Hijau : Warna hijau pada dan tangkai melambangkan warna alam dari objek tersebut.
- Merah muda : Warna merah muda pada kelopak bunga melambangkan kecantikan dan keanggunan.
- Ungu : Warna ungu pada tubuh, ekor, dan sayap burung kolibri melambangkan suatu kekuasaan dan kebesaran
- Hitam : Warna hitam pada tubuh burung melambangkan pangkat yang tinggi.

Makna secara keseluruhan dari karya ini adalah sebagai berikut.
Burung kolibri sebenarnya adalah objek yang melambangkan manusia, adanya warna ungu (berkuasa) pada tubuh burung dan adanya warna hitam (pangkat tinggi) pada ujung sayap menunjukkan bahwa objek ini ditujukan bagi orang yang berkuasa dan berpangkat tinggi, bukan orang biasa. Burung kolibri ini terlihat berada di lingkungan yang cukup terik untuk menerpa tubuhnya dari luar, oleh sebab itu burung ini meminum air yang dingin sebagai solusi untuk menyejukkan tubuhnya. Tapi burung ini tidak meminum air secara langsung, melainkan meminum air melalui bunga. Di sini lah peran bunga merah muda. Dalam maknanya, bunga ini bukan merupakan suatu benda, melainkan berarti “sikap dan perilaku”. Dengan warna merah muda yang melambangkan cantik dan anggun, disampaikan di sini bunga berarti sikap dan perilaku yang baik, cantik, dan anggun.

Pada akhirnya, pesan yang bisa diambil dari karya yang sederhana ini adalah:
“Walaupun anda adalah seorang yang terpadang, tapi saat sedang menghadapi suatu masalah, temukanlah solusi masalah tersebut dengan cara yang baik, cantik, dan anggun.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar