Senin, 31 Oktober 2011

Sejarah Warna

Tahukah kalian? Sebenarnya di dunia ini sudah sangat diberikan kelimpahan akan warna? Mungkin zaman sekarang kalian bisa mendapatkan cat acrylic, cat poster, atau pensil warna dengan mudah. Tapi tahukan bahwa awal dari semua itu berasal dari sari hewan atau binatang?
MySpace

PIGMENTS
Warna kemudian terbentuk dari pigmen, apa itu pigmen?
Pigmen adalah bubuk kering dengan campuran air, lilin, atau minyak, yang memberikan efek pada permukaan.

Setelah itu, pigmen menyuplai warna pada seni tapi selain itu juga menyuplai warna pada permintaan model yang modern sehingga permintaan berkurang.

Awalnya pigmen putih berasal dari tulang binatang yang dipanaskan sampai suhu 400 derajat celcius.
MySpace

VERMILON
Pada abad pertengahan, para seniman Eropa kian memperbanyak pigmen pada penjualan mereka, tapi mereka sudah mulai mengguanakan sumber lain untuk warna, tidak lagi hanya dari dari tumbuhan dan mineral tapi juga buatan tangan contohnya VERMILION. Vermilion adalah warna dengan menggunakan pencampuran bahan dari belerang dan air raksa.

Pada kenyataannya, penerapan pigmen tidak semudah perkiraan, banyak masalah yang terjadi seperti pewarna yang dihasilkan terlalu encer/berair seperti telor dan membutuhkan tenaga untuk mencampur. Terlebih lagi reaksi tidak dapat diramalkan dan mengering dengan cepat.

RENAISSANCE PAINTING


Pada zaman Renaissance, minyak adalah bahan yang paling sering digunakan untuk membuat lukisan menjadi lebih menarik.







Dan untuk selanjutnya, pada zaman sekarang, dibuatlah cat dengan bahan kimia buatan pabrik yang lebih pekat dan memiliki warna yang beragam dengan campuran polymer, dan bahan organik lainnya seperti, Pthalocyanines atau Pthalos.

Additive dan Subtractive

Pernahkah kalina mencampur beberapa warna? Tapi tunggu, warna jenis apa yang kalian campur?
MySpace


Ada 2 jenis warna. Yaitu warna Additive dan warna Subtractive.
Apa bedanya?


Dalam penggabungan 3 warna primer Additive, hasil dari penggabungan ini adalah warna sekunder dan warna putih.










Sementara pada penggabungan 3 warna primer Subtractive, akan dihasilkan warna hitam.











Contoh yang paling sering kita lihat adalah pada sinar lampu yang merupakan warna additive. Jika 3 warna primer (RGB) pada cahaya lampu diarahkan ke 1 titik, akan terbentuk warna putih.







Sementara contoh lain misalnya pada menggabungan warna cat, atau krayon. Jika 3 warna primer dicampur, maka akan terbentuk warna hitam

Packaging part 2

Seperti pada posting sebelumnya, dikatakan bahwa dalam kemasan harus mengandung arti dan tujuan dalam penggunaan warna. Alasan dan arti ini harus bisa dipertanggungjawabkan. Memang secara tidak sadar, warna memberi kesan tertentu yang dapat menghipnotis kita.


MySpace

Dalam posting ini, saya akan menampilkan hasil karya packaging kelompok saya dengan teman-teman yang juga merupakan tugas. Kami ditugasnkan menentukan warna yang cocok, perpaduan warna yang pas, dan alasan kenapa kami menggunakan warna-warna tersebut.



Kaleng Beer
Warna hitam (R:0, G:0, B:0) pada kaleng memberi kesan bahwa minuman ini adalah produk yang eksklusif dan umumnya (tidak selalu) dikonsumsi oleh orang yang high class. Dengan adanya warna hitam, melambangkan produk yang mahal.
Warna kuning (R:225, G:254, B:0) pada tulisan merk bertujuan untuk memberikan kesan kontras yang terang dibanding warna kalengnya sendiri yaitu hitam. Selain itu kuning pun melambangkan keceriaan dan menunjukkan minuman ini ditujukan bagi mereka yang ingin bersenang-senang.






Kaleng Softdrink
Pada kaleng soft drink diberikan warna dasar biru fresh (R:50, G:193, B:255) untuk memberi kesan bahwa minuman ini menyegarkan. dan dalam tulisan merk, diberi perpaduan warna ungu dan kuning  (R:225, G:254, B:0) bertujuan untuk memberikan kesan keceriaan tanpa terlepas dari warna dasar kaleng yaitu biru.
                                                      Kotak Fossil
Warna coklat (R:191 ,G:135, B:100) dipilih untuk melambangkan keanggunan yang menambah kesan yang yang cantik bagi orang yang melihat. Warna jingga (R:252, G:122, B:36) untuk melambangkan sesuatu yang ceria, warna ini digunakan untuk menarik perhatian agar orang lain tertarik terhadap produk tersebut. Warna biru (R:122, G:196, B:234) dipakai untuk tulisan brand karena biru melambangkan suatu kepercayaan diri seseorang.


Typometer
Pada typometer yang merupakan salah satu alat ukur ini, dipakai warna hitam pada kemasan untuk memberikan kesan barang yang berkualitas dan awet sehingga saat pertama orang melihat langsung tertarik untuk membelinya. Sedangkan untuk typometernya sendiri diberi warna jingga (R:255, G:164, B:77) bertujuan untuk mendukung fungsi sebagai alat ukur. Dengan adanya warna jingga ini yang merupakan warna yang paling direspon oleh mata mampu membuat pemakai menjadi fokus saat menggunakannya.




Dompet Kartu Kredit
Warna ungu (R:100, G:8, B:100) dipilih karena ungu melambangkan sesuatu yang berkelas. Kemudian warna hitam dan putih karena menggambarkan sesuatu yang bersifat anggun, elegan, dan mewah. Selain itu, warna putih pada kartu melambangkan sesuatu yang simple namun mempunyai nilai yang high class dan menampilkan kesan yang luxurious bagi pemiliknya.




Energy Drink
Pada kemasan energy drink ini, diberi warna yang didominasi oleh warna ungu (R:132, G:4, B:136) dan pink tua (R:249, G:40, B:255) . Perpaduan ini menunjukkan bahwa minuman ini memiliki rasa alami berry yang tertulis di kemasan botol. Dan warna putih pada background merk SOLA melambangkan bahwa minuman ini aman dan tidak mengandung zat berbahaya.



Jus Lemon
Pada kotak jus lemon, dipilih warna jingga (R:253, G:137, B:40) untuk menarik perhatian pada mata pembeli karena mengingat warna jingga adalah warna yang paling direspon oleh mata manusia. Selain itu, jingga juga merupakan warna yang menyatu dengan kuning sebagai jus nya sendiri. Lalu warna merk IZZE digunakan warna merah bata (R:217, G:76 , B:39) untuk memberi kesan kontras dengan background jingga tapi warnanya tidak lari dari kelompok warna "semangat" sehinga tetap merupakan suatu kesatuan. Untuk warna lemon dan jusnya dipilih warna kuning lembut (R: 255, G: 241, B: 59). Tapi warna kuning yang dipilih tidak kuning yang terlalu terang, terlalu muda, atau terlalu tua. Warna yang terlalu terang/terlalu muda akan memberi kesan encer atau terlalu asam, jika warna yang terlalu tua akan memberi kesan terlalu kental.


Parfum
Pada parfum ini, diberkan warna pink tua (R:250, G:38, B:136) dan pink muda (R:251, G:135, B:135) pada box parfum dan botol parfumnya karena selain memberikan warna yang cocok dengan wanita atau yang biasa di sukai oleh wanita dewasa, warna pink juga memberikan efek yang cantik dan feminim. Pada motif di kotak diberi warna kuning muda (R:255, G:255, B:192) warna kuning muda pada box parfum karena hanya memberikan efek ceria dan juga menarik dengan warnanya yang kontras dengan warna pink tua dan muda.



CD
Cover luar berwarna hijau muda kebiruan (R: 141, G: 255, B: 133), alasannya karena hijau kebiruan memiliki kombinasi warna seimbang, dan warna ini memiliki karakter yang sejuk, tampak harmonis dan berkembang sehingga tidak tampak ketinggalan, serta memiliki sisi terang yang tidak mencolok namun memberi kesan produk tidak terlalu mahal.
CD berwarna biru muda kode (R: 138, G: 193, B: 193) alasannya karena biru muda memberi kesan damai, sejuk, dan rasa percaya yang cukup tinggi serta berkesan stabil dan seimbang  dan tampak awet serta tahan.
Pada penulisan huruf di CD berwarna biru tua dengan kode (R: 39, G: 84, B: 255) untuk menyesuaikan dengan warna CD tapi dengan warna yang lebih kontras.


Kotak Bola Golf


Box luar efek samping tulisan berwarna hijau (R: 59, G: 255, B: 0). Hijau ini adalah hijau muda yang memberikan kesan alami, sehat, dan berenergi.
Pada bagian depannya diberikan warna merah  (R: 250, G: 37, B: 0). Warna merah ini memberi kesan membakar dan semangat tinggi. Bermain golf membutuhkan strategi yang baik dan energy yang banyak, maka dari itu warna merah ini memiliki keseimbangan dengan warna hijau dan mendominasi tulisan secara detil. Untuk bagian depan di dominasi dengan warna hitam (R: 0, G: 0,B: 0) , warna hitam ini member kesan seimbang, mencolok dan elegan. Karena olahraga golf ini biasanya dimainkan oleh orang-orang kelas atas dan warna hitam ini memiliki daya tarik secara universal dan simple.
Secara keseluruhan penggabungan warna ini member kesan alami, natural, seimbang, dan memiliki semangat, berkesan tidak terlalu mencolok namun memberi arti yang nyaman dan enak dipandang.








Itulah hasil dari pengerjaan packaging dalam kelompok kami. Sekarang kita sudah mengetahui, sebagaimaan besar pengaruh warna dalam mendesign suatu kemasan produk untuk dijual.

Sumber :

Selasa, 25 Oktober 2011

Packaging part 1

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering melihat benda yang diperjualbelikan. Saking seringnya, sampai kita tidak menyadari dalam perjualbelian benda tersebut ada sesuatu yang sangat penting. Yaitu kemasan.
Sebagai konsumen, tentu hal yang pertama dilihat dalam membeli benda adalah kemasan. Apakah kemasan tersebut terlihat menarik atau tidak.
MySpace
Contoh yang simpel, seperti ada seorang yang berpakaian dengan kaos kutang, celana pendek, dan sendal jepit, lalu ada orang lain mengenakan tuxedo Gucci, dasi Cartier, dan sepatu van touvel. keduanya masuk ke dalam showroom mobil Mercy dan melihat-lihat mobil Mercy SLK 2000. Sudah pasti yang akan dilayani dengan penuh perhatian adalah orang yang kedua karena outfit atau "kemasan" dia adalah menarik dan meyakinkan dibanding orang yang memakai kaos kutang saja.
Jika dalam benda, kemasan yang baik dan menarik akan lebih menarik pembeli. dan ternyata lagi-lagi warna berperan penting dalam kemasan suatu benda.
Mungkin secara tidak sadar sebagai konsumen, kita bisa melihat dan membandingkan warna menarik lalu membeli. Tapi bagaimana jika kita diposisikan sebagai ahli yang menentukan perpaduan warna untuk menghasilkan produk yang menarik?
Belum tentu akan semudah membandingkan. Apa lagi mengingat ada sangat banyak warna dalam dunia ini. Akan lebih pusing bagi kita untuk menentukan warna yang cocok.
MySpace
Ternyata dalam mendesain warna suatu kemasan harus memiliki filosofi dan dasar yang bisa dipertanggungjawabkan dalam memasarkan produk itu.

Gradasi

Terdapat sangat banyak warna dalam kehidupan manusia. Mungkin secara tidak kita sadari kita sudah melihat jutaan atau bahkan ratusan juta warna dalam hidup kita. Tidak percaya? Lihat saja alat elektronik yang paling dekat dengan kita, yaitu mobile phone. Mobile phone sekarang mampu menampilkan sekitar 16 juta warna. Dan itu masih akan berkembang.
Nah, sekarang apa itu gradasi?

MySpace

Gradasi dalam arti warna berarti perpindahan tingkat warna yang sama berdasarkan kadar dari 2 warna.
Seperti contohnya hijau-putih hitam-merah atau kuning-biru. Gradasi dapat mencakup tingkatan warna yang sangat banyak. Semakin banyak tingkatan warna dalam, semakin halus gradasi yang terlihat.
Kebetulan di kelas kami, ada tugas membuat gradasi warna dengan cat poster. Gradasi tersebut dibuat dengan mencampurkan kadar 2 warna yang dipilih untuk dibuat gradasinya.
Jumlah tingkatan yang kami gunakan hanya 10 tingkatan.
Inilah hasil gradasi dari kelompok kami.

Sabtu, 01 Oktober 2011

ARTI WARNA

Seperti yang saya katakan pada posting sebelumnya bahwa warna itu tidak pernah lepas dalam hidup kita. Dalam seni pun, warna merupakan hal yang penting dan perlu dipertimbangkan.
Walaupun kita belum ahli dalam melukis misalnya, tapi pasti kita bisa melihat apakah warna dalam suatu lukiasn itu indah atau acak-acakan. Karena mata kita dianugrahi kemampuan dasar sejak kita lahir.

Warna dengan kombinasi yang indah akan menghasilkan perpaduan yang menarik. Tapi warna pun dapat berdiri sendiri dan memiliki artinya masing-masing dalam psikologis kita tanpa kita sadari. Berikut beberapa di antaranya.

Merah : Melambangkan kekuatan, kemauan, eksentrik, aktif, dan energi. Warna ini bisa membakar semangat dalam diri kita karena memiliki suasana panas (oleh karena itu merah melambangkan api dalam elemen). Dalam kebudayaan Tionghoa, merah merupakan pertanda keberuntungan dan kebahagiaan. Tapi warna merah pun mampu menimbulkan kesan negatif karena membangkitkan emosi dan kebencian.

MySpace

Kuning : Melambangkan kegembiraan, rasa syukur, kemurahan hati, ketulusan dan kebaikan. Warna kuning merupakan warna yang memberikan nuansa hangat. Kuning umumnya mampu membuat suasana hati lebih tenang karena memancarkan energi positif. Semakin terang warna kuning, maka akan semakin positif energi yang dirasakan.
MySpace

Hijau : Hijau erat kaitannya dengan alam, kehidupan, dan kesejukan. Dalam penafsiran agama Muslim, hijau melambangkan air. Hijau mampu memberi kesejukan dan menyeimbangkan emosi. Warna hijau mampu membuat rileks dan santai. Semakin muda warna hijau, akan semakin memberi rasa tenang dan rileks.
MySpace

Biru : Warna biru adalah warna yang seperti "bersaudara" dengan warna hijau karena juga memberi kesejukan, ketenangan, kenyamanan, dan hubungan dengan alam (udara). Umumnya biru digunakan sebagai warna yang melambangkan ketenangan dalam meditasi.
MySpace

Putih : Warna putih memberi kesan suci, tanpa cacat, dan murni. Putih merupakan warna yang paling lembut dan bisa dikatakan merupakan "ujung atas" dari setiap warna. Dalam spiritual pun putih dilambangkan sebagai tingkatan tertinggi di mana terdapat keharmonisan, ketenangan, dan kesempurnaan. Tapi terlalu banyak putih dapat menimbulkan kesan polos, datar, dan tidak menarik.
MySpace

Abu-abu : Warna ini umumnya memiliki lebih banyak kesan negatif jika berdiri sendiri. Warna abu-abu melambangkan keraguan, ketidakpastan, kebingungan, dan kemurungan. Umumnya warna abu-abu digunakan untuk melambangkan sesuatu yang tanpa harapan. Tapi abu-abu pun bisa memberikan kesan positif yaitu kekuatan dan kesan maskulin.
MySpace MySpace

Hitam : Melambangkan kekuatan, percaya diri, dan maskulin. Hitam bisa dikatakan berlawanan dengan putih dan merupakan "ujung bawah" dari setiap warna. Warna hitam dapat melambangkan kesan eksklusif dan mewah. Itu sebabnya barang-barang yang menggunakan warna hitam biasanya (tidak selalu) merupakan barang-barang mahal dan terlihat elegan. Warna hitam pun dapat berarti duka dan perasaan tertekan.
MySpace

Coklat : Dalam elemen, coklat melambangkan elemen bumi dan kayu. Elemen yang memiliki keteguhan, pendirian, dan kemauan yang kuat seperti tanah dan kayu, dan sikap ini umumnya dimiliki oleh pria. Warna coklat identik dengan barang yang eksklusif pula. Tapi apabila terlalu banyak bisa menimbulkan kesan kaku dan sombong.
MySpace

Orange/jingga : Melambangkan sikap yang menarik, eksentrik, semangat, dan percaya diri. Dalam kehidupan, biasanya warna ini merupakan warna yang paling menarik perhatian mata kita. Oleh sebab itu penerapannya digunakan di black box pada pesawat untuk memudahkan pencariannya ketika terjadi kecelakaan.
MySpace

Ungu : Warna ungu biasanya melambangkan suatu hal yang misterius dan magis. Dalam spiritual, ungu merupakan salah satu warna yang cukup umum karena melambangkan suatu warna aura yang berarti kuat dan tenang. Warna ungu yang lebih terang akan memberi kesan mulia, agung, dan berbeda.
MySpace

Merah muda (pink) : Warna ini melambangkan suatu sifat feminim pada umumnya. Tapi bukan berarti hanya wanita yang bisa menggunakan warna ini. Pink melambangkan cinta kasih, lembut, murah hati, dan rasa tulus. Itu sebabnya warna ini digunakan dalam perayaan Valentine di mana terdapat banyak cinta di dalamnya.
MySpace

Itulah beberapa arti warna yang mungkin secara tidak sadar dapat mempengaruhi kita dalam situasi tertentu.
Sebenarnya masih sangat banyak arti dari warna tersebut tergantung suasana, konteks dan kejadian yang berhubungan. Yang saya sampaikan ini adalah pandangan secara umum dan universal pada orang banyak.
Semoga bermanfaat..
MySpace